Setelah ujian semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 berakhir seminggu yang lalu, maka berakhir pula seluruh rangkaian pembelajaran untuk semester ganjil tahun ini. Seminggu ini merupakan masa liburan untuk anak sekolah setelah seminggu kemarin melaksanakan ujian semester ganjil.
Kini saatnya para guru-guru mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk semseter genap tahun pelajaran 2012/2013. Kemungkinan juga ada guru yang telah membuatnya per-Tahun untuk itu tidak perlu lagi membuat PP untuk semester genap ini.
Untuk sekolah kami SMP Negeri 1 Bontosikuyu, yang baru-baru kedatangan Pengawas Kabupaten menghimbau untuk pembuatan PP/pertemuan, termasuk disini RPP dan silabus yang dibuat secara per pertemuan.
Langkah ini mungkin saya akan ambil untuk mata pelajaran yang saya ajarkan yaitu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Cara pembuatan Perangkat Pembelajaran (PP) semacam ini saya rasa akan lebih efektif dan fokus untuk diaplikasi dalam proses pembelajaran.
Dibawah ini contoh yang mungkin saya akan ambil untuk pertemuan pertama dan kedua mapel TIK untuk kelas 7, dimana materi belajar belum di edit masih akan ditambah penjelasannya.
Kini saatnya para guru-guru mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk semseter genap tahun pelajaran 2012/2013. Kemungkinan juga ada guru yang telah membuatnya per-Tahun untuk itu tidak perlu lagi membuat PP untuk semester genap ini.
Untuk sekolah kami SMP Negeri 1 Bontosikuyu, yang baru-baru kedatangan Pengawas Kabupaten menghimbau untuk pembuatan PP/pertemuan, termasuk disini RPP dan silabus yang dibuat secara per pertemuan.
Langkah ini mungkin saya akan ambil untuk mata pelajaran yang saya ajarkan yaitu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Cara pembuatan Perangkat Pembelajaran (PP) semacam ini saya rasa akan lebih efektif dan fokus untuk diaplikasi dalam proses pembelajaran.
Dibawah ini contoh yang mungkin saya akan ambil untuk pertemuan pertama dan kedua mapel TIK untuk kelas 7, dimana materi belajar belum di edit masih akan ditambah penjelasannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | UPT SMP Negeri I Bontosikuyu |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer. |
Kompetensi Dasar | : | 3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan ( 2 x 40 menit ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Perangkat keras ( Hardware )
· Alat input
· Alat proses
· Alat output
· Media penyimpan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
F Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
F Peserta didik mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
F Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penyimpan
F Peserta didik mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.
E. Sumber Belajar
Seperangkat komputer, buku petunjuk praktek, LKS.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output. Ø Mengidentifikasi media penyimpan data. | Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) | Tes identifikasi Tes identifikasi Tes identifikasi Tes identifikasi | Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input! Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses! Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output! Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan! |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 1 Bontosikuyu SRI MULIATI, S.Pd NIP.19640103 199001 2 002 | Pariangan, Januari 2013 Guru Mapel TIK. Muh. Rizal, A.Md |
No comments:
Post a Comment